Senin, 31 Desember 2012

Alumni Juara Olimpiade Sains Galang Kekuatan

Pemerintah akan terus berupaya untuk meningkatkan kwalitas bagi siswa-siswa SMA yang mau ikut dalam Olimpiade Sains  seperti Matematika,  Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Kebumian dan Geografi. Sebab, dua tahun belakangan ini prestasi pelajar SMA dalam ajang sains internasional itu melempem. Sebelumnya, tim tim olimpiade sains Indonesia acap menggondol medali emas dalam berbagai event yang digelar di berbagai negara.

Keinginan itu dilontarkan oleh Direktur  Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  (Kemendikbud)  Harris Iskandar, PH.D. dalam  acara “Seminar dan Sarasehan  Alumni Olimpiade Sains Indonesia di Hotel Twin Plaza Jakarta, Sabtu (22/12/12).


“Dalam sarasehan ini kita harapkan para almuni dapat membuka jaringan untuk mengembangkan pontensi yang ada. Pemerintah akan berikan dukungan penuh. Saya  berharap generasi muda, yakni para siswa SMA bisa lebih banyak lagi menggondol medali emas dalam olimpiade,” kata Harris Iskandar dalam  pidatonya pada   pembukaan  acara “Saresehan Alumi Juara Olimpiade Sains I.”

Diharapkannya juga para almuni juara olimpiade Sains untuk terus berkarya untuk mengabdikan diri bagi bangsa dan negera. Sehingga setelah para alumni bekerja dan  bertebaran diberbagai tempat  dapat  tetap berkarya lewat pertemuan-pertemuan para juara Olimpiade Sains.  Selain itu juga kata Hariis Iskandar, para alumni   dapat  mendorong meningkatkan kemampuan para siswa SMA dalam Olimpiade Sains.
“Kita ini bangsa tua. Menurut penelitian bahwa bangsa tua lah, seperti bangsa Indonesia,  yang kelak akan menguasai teknologi dunia. Sebab, bangsa kita punya Gen  bangsa tua. Seperti China, India dan bangsa tua lainnya. Jadi, dengan adanya pertemuan Alumni Juara Olimpiade Sains pertama ini, diharapkan dapat menghasilkan  karya buat bangsa,” paparnya.

Ketua Panitia Pelaksana Alumni Juara Olimpiade Sains, Aditya Kristanto Goenawan mengatakan,  bahwa pertemuan ini adalah untuk menggalang kekuatan para Alumni Juara Olimpiade Sains untuk membangun negeri. “Kita para Alumni Juara Olimpiade Sains siap membangun negeri. Para alumni berterima kasih kepada Kemendikbud yang akan memfasilitasi kegiatan para alumni,” kata Aditya dalam dalam acara Sarasehan tersebut.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan sebuah ajang kompetisi dalam bidang sains (Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Kebumian dan Geografi) bagi para siswa di jenjang SMA dan yang sederajat di Indonesia. Setelah 11 kali dilaksanakan, OSN telah melahirkan ribuan alumni terbaik dalam bidangnya masing-masing. Banyak alumni, khususnya alumni OSN tingkat SMA yang saat ini tersebar di seluruh Indonesia maupun dunia.

Bermula dari alumni OSN bidang Komputer pada awal tahun 2010 yang telah menyelenggarakan acara reuni, selanjutnya reuni alumni bidang Komputer diselenggarakan secara rutin di setiap awal tahun. Mereka berkumpul untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya sehingga ikatan alumni OSN komputer pun bertambah erat dari tahun ke tahun. Selain itu juga alumni bidang Komputer turut berperan dalam menyebarluaskan pengetahuan dan ketrampilannya dalam lomba-lomba pemrograman komputer.

Dengan intensitas kegiatannya dan kebersamaannya, pada akhir tahun 2012, terbentuklah secara resmi Ikatan Alumni TOKI (Tim Olimpiade Komputer Indonesia).Tahun ini, tepatnya pada tanggal 22 Desember 2012 di Hotel Twin Plaza Jakarta, digagas pertemuan alumni olimpiade sains dari seluruh bidang studi untuk yang  pertama kalinya. Pertemuan kali ini mengambil tema ‘Melalui Sains dan Teknologi, Bersama Membangun Negeri”. Kali yang pertama ini, ratusan peserta dari berbagai bidang berhasil dikumpulkan guna memulai langkah mewujudkan tema tersebut.

Selain bertujuan untuk beramah tamah antar sesama alumni, pembina dan pihak pemerintah (Kemendikbud) sekaligus dimanfaatkan untuk mengumpulkan basis data alumni dari berbagai bidang dan berbagai angkatan dan melakukan rapat kerja singkat mengenai pembentukan asosiasi atau ikatan alumni setiap bidang untuk mewadahi kegiatan-kegiatan di masa yang akan datang.

Menurut perkiraan, keberadaan para alumni olimpiade sains saat ini bisa mencapai ribuan orang yang mana hal ini merupakan salah satu asset bangsa yang perlu terus dijaga dan dipantau keberadaannya. Para alumni yang hadir dalam acara tersebut adalah para mahasiswa/I dan para pekerja muda yang beberapa tahun lalu telah mengharumkan bangsa Indonesia di ajang Internasional melalui talenta mereka di bidang sains. Saat ini mereka telah siap untuk dijadikan katalis pembawa dampak positif bagi generasi muda demi perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia melalui sains dan teknologi.

sumber : poskotanews.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Kompleks Sawangan Permai Blok A5 No.12A, Sawangan, Depok, Jawa Barat 16511. Contact Person: 081386912130 / 087878718585. Telp : 021-29511160